Jumat, 01 Mei 2015

Perbedaan Pembuluh Darah Vena dan Arteri.

loading...

Pembulu darah vena dan arteri - Buat kamu yang sedang belajar Biologi pasti nanti ada yang membahas tentang Pembuluh darah. Udah tau dong pasti nama dari pembuluh darah tersebut. Yups benar sekali, pembuluh darah Vena dan Arteri.

Sebenarnya apa sih pembuluh darah vena dan arteri itu dan apa sih perbedaan dari keduanya? Nah, ini yang akan kita bahas kali ini. Yuk langsung aja disimak pembahasan tentang pembuluh darah vena dan arteri berikut ini.


Pembuluh vena juga biasa disebut pembuluh balik karena pembuluh vena berperan mengangkut darah kotor (darah miskin oksigen) kembali ke jantung, kecuali vena pulmonalis yang fungsinya untuk mengangkut darah bersih menuju ke jantung.

Pada pembuluh vena terdapat klep pada sepanjang pembuluh darah. Banyak sedikitnya klep (katup) pada vena berkaitan dengan peranan vena yang mengangkut darah yang arah pergerakannya melawan gaya gravitasi. Katup-katup tersebut berfungsi untuk menjaga supaya pembuluh darah yang mengalir menuju ke jantung tidak jatuh kembali ke arah yang sebaliknya.

Pembuluh Arteri merupakan pembuluh yang memiliki peran dalam pengangkutan darah bersih dari jantung menuju ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis berfungsi untuk mengangkut darah kotor yang perlu dilakukan oksigenasi.

Arteri memiliki dinding yang elastis dan tebal. Tekanan darahnya lebih kuat daripada tekanan daarah pembuluh vena. Arteri umumnya berada pada bagian dalam permukaan tubuh dan memiliki satu pangkal (aorta).

Nah untuk perbedaan pembuluh darah vena dan arteri bisa kamu lihat di tabel dibawah ini.

Perbedaan Pembuluh Darah Vena dan Arteri

Yang Dibandingkan
Arteri
Vena
Letak
Agak
kedalam
Agak
keluar
Fungsinya
Mengangkut
O2
Mengangkut
CO2
Dinding
Pembuluh
Elastis
dan Kuat
Tipis
dan tidak elastis
Kandungan
CO2
Miskin
CO2, kecuali pada arteri pulmonalis yang kaya CO2
Kaya
CO2, kecuali pada vena pulmonalis yang miskin CO2
Kandungan
O2
Kaya O2, kecualai pada arteri pulmonalis yang
miskin O2
Miskin
O2, kecuali pada vena pulmonalis yang kaya O2
Arah
Aliran Darah
Keluar
Jantung
Menuju
jantung
Denyutan
Terasa
Tidak
Terasa
Katup
Pangkal
Sepanjang
pembuluh darah
Aliran
Darah
deras
lambat
Jika
Terluka
memancar
menetes
Diameter
Pembuluh
Lebih
kecil dari vena
Lebih
besar dari arteri
Warna
Merah
cerah
Merah
gelap
Kecepatan
Pembekuan
Lambat
dari vena
Cepat
dari arteri
Tekanan
Lebih
besar dari vena
Lebih
kecil dari arteri

Gimana? sekarang sudah paham kan apa itu pembuluh darah vena dan apa itu pembuluh darah arteri. Jika kamu paham dari kedua pembuluh darah tersebut maka akan gampang untuk mengetahui perbedaan dari kedua pembuluh darah vena dan arteri tersebut. Semoga bermanfaat.