Selasa, 30 Juni 2015

Contoh Dialog Interaktif di TV Terbaru

loading...

Dialog Interaktif merupakan sebuah kegiatan berdiskusi yang biasanya disiarkan di televisi. Dialog interaktif biasanya membahas sebuah topik yang lagi banyak diperbincangkan, lalu menghadirkan berbagai pakar atau rang yang ahli tentang topik tersebut sebagai narasumber.

Acara dialog interaktif sangat banyak yang menyukai karena kita bisa mendapatkan berbagai informasi baru mengenai topik-topik yang dibahas pada dialog interaktif langsung dari para pakarnya.

Contoh dialog interaktif di televisi seperti acara "Apa kabar Indonesia Pagi?" yang disiarkan di tv one, kick andy di metro tv dan masih banyak lagi. Oh ya kamu tahu acara "Dr.Oz" yang sering membahas kesehatan itu? nah itu juga salah satu contoh dialog interaktif. Nah, kali ini kami akan memberikan contoh dialog interaktif pada acara Dr.Oz

Contoh Dialog Interaktif di TV

DIALOG INTERAKTIF STASIUN TV : TRANS TV
DR. OZ Indonesia Minggu, 4 Agustus 2013

Topik              : Mabuk Perjalan
Narasumber    : dr. Ryan Thamrin
Bintang Tamu  : Tya Aristya

Percakapan
dr. Ryan          : “Masih di DR. OZ Indonesia. Kita akan bicara mengenai mabuk.”
Tya                  : “Ha? Mabuk?”
dr. Ryan          : “Mabuk perjalanan.”

Tya                  : “Iya bener.”
dr. Ryan          : “Bicara masalah mabuk perjalanan, nah ini kan menjelang lebaran, tradisi gak bisa ditolak. Oke, bicara masalah mabuk, organ tubuh pada kita itu apa yang bermain kira-kira?”
Tya                  : “Kepala kayaknya, pusing kan?”
dr. Ryan          : “Itu akibatnya pusing.”
Tya                  : “Sama lambung, mual.”
dr. Ryan          : “Sama lambung mual, ya... Terus?”
Tya                  : “Emm... Udah.”
dr. Ryan          : “Udah itu? Sebenarnya yang memegang kendali saat mabuk perjalanan adalah telinga bagian dalam. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat animasinya. Yuk minggir.Nah itu dia tu ya.” (menunjuk animasi gambar telinga)
Tya                  : “Mirip.”
dr. Ryan          : “Pada dasarnya itu di dalam itu ada namanya labirin. Labirin ini saat kita bergerak ke depan ke belakang itu tu labirinnya akan ikut juga. Itu nama organnya labirin. Ke depan ke belakang ke kanan ke kiri. Kita akan lihat lebih dalam lagi, nah di dalam labirin itu ada cairan warna kuning, di cairan warna kuning itu ada rambut, rambut itu adalah reseptor, alat yang mendeteksi setiap gerakan kita. Apabila kita ke kiri, reseptor itu akan ke kiri. Jadi itu adalah pusat dari keseimbangan. Apabila ini mengalami gangguan atau tidak fokus itu akibatnya kita mabuk pejalanan. Pengen tahu?”
Tya                  : “Mau dibawa kemana lagi aku dokter?”
dr. Ryan          : “Namanya juga kita mau perjalanan. Saya akan buat kamu mabuk, Tya. Saya akan kasih tau Anda, pemirsa di rumah dan penonton di studio, kenapa seseorang menjadi mabuk. Itu tadi udah ada animasinya, sekarang kita demo dengan kursi. Nah labirin itu tadi kan ikut bergerak, nah ternyata itu ada hubungannya dengan mata. Di saat saya gerakkan kursi ke kanan ke kiri ke kanan lagi ke kiri lagi, putar...” (menggerak-gerakkan kursi)
Tya                  : “Aaa dokter... Waa puyeng...”
dr. Ryan          : “Kita putar lagi.”
Tya                  : “Waa...”
dr. Ryan          : “Lagi...”
Tya                  : “Aaa dokter... Ini udah puyeng ini dokter. Aduh dokter.”
dr. Ryan          : “Oke, nah ini ada kaitannya dengan mata. Biasanya kalau mata kita mengikuti sendor tubuh, yaitu bergerak ke kanan ke kiri ke depan ke belakang atau mutar itu tidak menimbulkan respons mabuk atau mual. Beda halnya kalau kamu sambil baca.”
Tya                  : “Oke.”
dr. Ryan          : “Kan biasanya ini pemirsa, di saat kita perjalanan darat, laut, udara, tapi kalau udara sih jarang ya kalau mabuk. Tapi ada beberapa orang yang sensitif  juga mabuk terutama yang darat. Kadang-kadang ya boring, 30 hari perjalanan pulang kampung.”
Tya                  : “Ha? Jauh banget?”
dr. Ryan          : “Wah, jauh ya... Kan boring tu berjam-jam, biasanya kan bawa buku sambil baca. Nah gerakan itu tadi sambil baca yuk.”
Tya                  : “Huooo... Ini gimana baca ini dokter, nggak baca aja udah puyeng.”
dr. Ryan          : “Oke, nah Tya, kenapa kalau tadi mata dengan membaca itu mudah mabuk? Karena mata kita itu mensensor tubuh kita itu tidak bergerak. Sedangkan indra di labirin itu mensensor tubuh kita bergerak, jadi kayak ada tolak belakang. Itu yang mengakibatkan kita mabuk perjalanan lebih mudah terjadi. Gitu... jadi solusinya pertama, hindari membaca sambil di dalam mobil atau perjalanan. Yang kedua adalah...Boleh di sini, kasihan kamu duduk mulu.”
Tya                  : “Haha, oke.”
dr. Ryan          : “ Yang kedua adalah apabila Anda lagi tidak puasa, ini bisa mengkonsumsi jahe, terutama permen. Karena apa? Permen itu dapat mengurangi gangguan pada sistem pencernaan seperti mual atau pusing.”
Tya                  : “Permen jahe gitu...”
dr. Ryan          : “Permen jahe, ya... Atau yang ketiga adalah gelang tangan. Gelang tangan ini ada... Apa?”
Tya                  : “Iket rambut.”
dr. Ryan          : “Iket rambut, kok gelang tangan. Ini ada kayak seperti memberi tekanan. Itu bisa diapaki sesuai warna kesenangan Anda mau pilih warna apa, kemudian ditekan di bagian sini, pelan-pelan aja...”
Tya                  : “Deket urat ini?”
dr. Ryan          : “Iya, pelan... pelan... Itu mengurangi sensor atau istilahnya respons dari terjadinya mabuk perjalanan.
                        Itu tadi Tya, beberapa solusi dari hal-hal yang biasanya mengakibatkan mabuk
Tya                  : “Aamiin. Tidak mabuk.”
dr. Ryan          : “Tidak mabuk.”
Tya                  : “Lumayan tipsnya, dokter.”
dr. Ryan          : “Iya sama-sama.
                        Jangan kemana-mana, setelah ini ada beberapa pertanyaan e-mail dan twitter yang akan kami jawab. Tetap di DR. OZ...??”
Tya&Penonton: “Indonesia..!!”

Kayaknya masih kurang, berikut ini kamu punya satu contoh lagi dialog interaktif tentang pendidikan
Tika: halo selamat siang pemirsa...
kamal: kembali lagi diacara dialog kita
Tika: kali ini kita akan membahas "pendidikan di Indonesia"
Kamal: dan kita mengundang tamu spesial yaitu ibu sutarti selaku guru di SMA terpelajar.Selamat siang bu..? apa Kabar?
Sutarti: selamat siang semuanya,, saya sangat senang sekali hari ini
Tika: sehubungan dengan pendidikan nih ya bu,, apa pendapat ibu tentang pendidikan di indonesia sekarang,, dan ini masuk kurikulum baru yaitu kurikulum 2013,,
Sutarti: yah umumnya pendidikan di indonesia baik,, dan pemerintah sendiri sudah mewajibkan belajar 9 tahun,,tapi sayangnya masih banyak anak kecil di indonesa ini tidak memanfaatkannya mereka malah sibuk bermain,,dan untuk kurikulum terbaru ini hampir seluruh sekolah di indonesia sudah menggunakannya,, memang kurikulum ini berbeda dari kurikiulum sebelumnya karena ini mengandalkan otak dari siswa2 didik agar mereka lebih mempunyai sikap ingin tahu,,dan bertanggung jawab
Kamal: mungkin kesadaran dari masyarakat sendiriya bu untuk belajar agar bisa membangun indonesia,,,
Sutarti: betul sekali kesadaran tingkat kecerdasan merekan harus diuji agar bangsa indonesia ini bisa terhindar dari penjajahan
Tika: wah pemmbahasan kita keli ini seru sekali.. jadi ayo buruan teman2 untuk belajr tidak ada kata terlambat untuk belajar
Kamal; sekian dan terima kasih dahhh