Kamis, 01 Januari 2015

Bahasa Jepang Sehari Hari dan Artinya

loading...

Bahasa Jepang - Hai sobat disukai, ogenki desu ka?? Kali ini kita akan membahas tentang bahasa jepang sehari-hari yaa. Akhir-akhir ini lagi booming banget anime Jepang, apa kamu juga termasuk korban anime? haha karena keseringan nonton anime jepang, pasti pengen bisa bahasa jepang juga kan.

Kali ini kita nggak ngebahas tentang tulisan jepang ya, kalau tulisan jepang nanti akan kami post di artikel selanjutnya. Kali ini kita bahas bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh orang jepang. Ini penting nih, kali aja kamu nanti ketemu orang jepang pas dijalan haha.

Bahasa Jepang Sehari-hari


Percakapan Bahasa Jepang Berikut contoh ucapan salam & ekspresi:
• : Ohayou gozaimasu (Selamat pagi)
• : Konnichiwa (Selamat siang)
• : Konbanwa (Selamat malam)
• : Oyasumi nasai (Selamat tidur)
• : Sayounara (Selamat tinggal atau Selamat jalan)
• : Ja, mata ashita (Sampai jumpa besok, ya)
• : Arigatou gozaimasu (Terima kasih)
• : Doumo arigatou gozaimasu (Terima kasih banyak)
• : Dou itashimashite (Sama-sama, Terima kasih kembali)
• : Sumimasen (Maaf)
• : Sumimasen (Permisi)
• : Shitsurei desuga…(Permisi/Maaf; diucapkan sebelum bertanya tentang hal pribadi)
• : Onegaishimasu (Minta tolong)
• : Ogenki desu ka? (Apa kabar?)
• : Gomen kudasai (“Permisi” digunakan ketika berkunjung ke rumah orang lain)
• : Irasshaimase (Selamat datang diucapkan pada tamu restoran, hotel, dll)
• : Irasshai (Selamat datang dipakai pada waktu kedatangan tamu).

Dibawah ini ada beberapa ungkapan lainnya yang bisa kamu gunakan :
• : go-kigen ikaga desu ka : apa kabar
• : o-hayoo gozaimasu : selamatan pagi
• : yoi o-tenki desu ne : cuaca yang indah
• : o-me ni kakarete ureshii desu : senang berkenalan dng anda
• : nagai koto o-jama itashimashita : terima kasih atas waktunya
• : myoonichi mata o-ai shimashoo : sampai ketemu besok
• : watashi indonesian desu : saya orang indonesia
• : Indonesia kara kimashita : saya berasal dari indonesia
• : shumi wa ongaku kanshoo desu : kegemaran saya dulu bermain musik
• : doko kara kimashita ka?: dari mana asalmu?
• : nani ga hoshii no desuka? : Apa yang sedang kamu lakukan?
• : gomen nasai : maafkan saya
• : sumimasen : maaf
• : o-tesuu kakete sumimasen : maaf merepotkan anda
• : totemu shiawase desu : saya sangat bahagia
• : watashi no kobutsu wa chokoraeto desu : makanan kesukaan saya coklat
• : Maiban hoshi o kansatsu shite imasu : Setiap malam saya mengamati bintang-bintang.

Yang Umum diucapkan di Awal Pembicaraan
• : Ohayou / Ohayou gozaimasu : “selamat pagi”
• : Konnichiwa : “selamat siang”
• : Konbanwa : “selamat malam”
• : Yoroshiku onegaishimasu : “mohon bimbingannya” / “mohon bantuannya”
• : O genki desu ka? : “Apakah Anda sehat?”
• : O kage desu : “Saya sehat-sehat saja.” (digunakan untuk menjawab “O genki desu ka?”)
• : Kyou wa ii o tenki desu ne? : “Cuaca hari ini bagus, bukan?”
• : Youkoso! : “Selamat datang!”
• : Moshi-moshi…: “Halo…” (berbicara lewat telepon).

Yang umum diucapkan Selama Percakapan Berlangsung
• : Hai : Ya (untuk menyetujui sesuatu atau menjawab pertanyaan)
• : Iie : “Tidak” (kebalikannya “hai”)
• : Arigatou / Arigatou gozaimasu : “Terima kasih”
• : Gomen na sai : “Mohon maaf”
• : Sumimasen : “Permisi”
• : Zannen desu : “sayang sekali” / “amat disayangkan”
• : Omedetto, ne : “Selamat ya”
• : Dame / Dame desu yo : “jangan” / “sebaiknya jangan”
• : Suteki desu ne : “Bagus ya…” / “indah ya…”
• : Sugoi! / Sugoi desu yo! : “Hebat!”
• : Sou desu ka : “Jadi begitu…”
• : Daijoubu desu / Heiki desu : “(saya) tidak apaapa” / “(saya) baik-baik saja”.

Jika Kesulitan menangkap Ucapan Lawan Bicara
• : Chotto yukkuri itte kudasai : “Tolong ucapkan lagi dengan lebih lambat.”
• : Mou ichido itte kudasai. : “Tolong ucapkan sekali lagi.”
• : Motto hakkiri itte kudasai. : “Tolong ucapkan dengan lebih jelas.”

Untuk Mengakhiri Pembicaraan
• : Sayonara : “Selamat tinggal”
• : Mata aimashou : “Ayo bertemu lagi kapan-kapan”
• : Ja, mata / mata ne : “Sampai jumpa”
• : Mata ashita : “Sampai jumpa besok” .

Lainnya
• : Irasshaimase! : “Selamat datang!”
• : Itekimasu! : “Berangkat sekarang!”
• : Iterasshai : “Hati-hati di jalan”
• : Itadakimasu : “Terima kasih atas makanannya”
• : Gochisousama deshita : “perjamuan/hidangan sudah selesai”
• : Kimochi…! : nyaman (perasaan nyaman di suatu tempat)
• : Otanjoubi omedetou gozaimasu = selamat ulang tahun

Nah gimana sekarang? udah bisa dong bahasa jepang walaupun cuma sedikit haha. Jadi ntar nggak bengong doang kalau ada yang ngomong pake bahasa jepang :3 Oh ya, kalau ada yang mau nanya bahasa jepang silahkan saja, nanti akan kami jawab sebisa mungkin. Selamat belajar bahasa Jepang