Jumat, 03 April 2015

CONTOH TEKS DIALOG NEGOSIASI SINGKAT BESERTA STRUKTURNYA

loading...

Contoh Negosiasi - Halo sobat sekalian, lagi mau belajar bernegosiasi yang baik dan benar atau lagi ada tugas sekolah tentang negosiasi? biasanya sih kalian akan disuruh membuat teks dialog tentang negosiasi. Jangan khawatir, kali ini kita akan mempelajarinya.

contoh negosiasi

Apa sih negosiasi itu? Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak - pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Sedangkan menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Yuk langsung aja kita ke contoh negosiasinya, berikut ini contoh teks dialog negosiasi yang bisa kalian pelajari ada yang Negosiasi Formal dan Negosiasi non-formal.

Contoh Dialog Negosiasi

Suatu hari ada seorang bapak-bapak datang ke rumah Andik.Andik mempersilahkan masuk Bapak bapak yang memakai jas itu
Manajer : "Selamat Pagi,Pak"
Andik : "Selamat pagi juga Pak"
Manajer : "Perkenalkan saya Indra,Saya manajer dari klub Ujungberung United.
Andik : "Oh ya,Ada keperluan apa ya pak?"
Manajer : "Begini klub saya kebetulan lagi membutuhkan pemain Striker yang memiliki Kecepatan dan Kelincahan.Jadi saya bermaksud untuk menganjak anda untuk bergabung ke klub saya. Saya berani bayar tinggi untuk anda,agar anda mau masuk klub kami"
Andik : "Oh begitu,Memang saya akan digaji berapa Perbulan dan Pertahun?
Manajer :" Saya berani gaji anda sebesar Rp.10 juta perbulan dan Rp.200 juta per tahun.
Andik : " Kalau sebanyak itu masih kurang,karena tidak sebanding dengan kebutuhan sehari hari seperti sepatu bola,Pelindung,dll.
Manajer : "Oh tenang saja, semua fasilitas untuk bermain bola sudah kami tanggung. Jadi gaji tersebut bersih"
Andik : "Oh begitu,Tapi Tidak terimakasih pak, Jika harga segitu saya tolak,Karena masih ada klub lain yang berminat mentransfer saya ke klubnya dengan harga lebih tinggi"
Manajer : " Baiklah saya naikan menjadi Rp.12 juta perbulan dan Rp.220 juta Pertahun. Bagaimana?"
Andik : " Tetap tidak bisa, Tidak sebanding dengan skill yang saya miliki. Jika harganya naik hingga Rp.18 juta Perbulan dan Rp.250 juta pertahun,Dengan senang hari saya menerimanya. Dan saya juga akan bermain dengan sungguh-sungguh "
Manajer : " Baiklah saya naikan hingga Rp.20 juta perbulan dan Rp.250 Juta pertahun dengan syarat kami tidak mengfasilitasi perlengkapan bermain anda.Bagaimana?"
Andik : "Oke saya setuju (Berjabat tangan)
Manajer : "Baiklah,Besok datang ke stadium untuk Medical Check-up.Setelah nya anda sudah dibolehkan untuk Berlatih dengan klub kami"
Andik : " Baiklah pak. Terimakasih"
Manajer :" Ya Sama sama"

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli tidak formal

Teks Negosiasi : 100 atau Tidak sama sekali!
Tokoh : Firman (Pembeli)
Kirito (Penjual)

Kirito : Ada yang bisa saya bantu ? Eh.. Firman??
Firman : Eh Kirito, Ini Toko Kamu ?
Kirito : Iya mann.. Mau beli apa ??
Firman : Ini To aku mau beli kaos, ada yang bagus ga ??
Kirito : Banyak nih man pilih aja...
Firman : Coba liat yang itu to...
Kirito : Nih man...
Firman : Berapa ini to ?
Kirito : Wah yang ini 190.000 man..
Firman : Ah ga deh -_-" Wahh ada kaos K-On too aku mauuu >.< Itu berapa ??
Kirito : Tau aja kamu yang bagus :D ini ga terlalu mahal kok... ini 110.000
Firman : Ahh to harga kita-kita lah :D
Kirito : Yaah karna teman makanya ga usa kurang hehe :D
Firman : halaah -_- 90 000 lah too :D too :D too :D
Kirito : halaah 105 000 lah -_- ntar untungnya aku dimana >.<
Firman : eeeh ayolah >.< aku tambahin 5000 deh, 95000 yaa..
Kirito : Ehh 100 Atau tidak sama sekali! :D
Firman : Andeh yaudah deh to, 100 yaa.. nih cash langsung .. :D
Kirito : okee heehee makasih Firman :D

Nah gimana sekarang, sudah lebih paham kan tentang negosiasi. Silahkan dipaktekkan contoh teks dialog negosiasi diatas agar kalin lebih mengerti dan paham tentang bernegosiasi. Selamat belajarr :D