Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang

Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang Kamu lagi dapet tugas sekolah mengenai perbedaan tsunami dan gelombang pasang? Jangan bingung, yuk kita bahas sama-sama apa sih yang sebenarnya membedakan tsunami dengan air pasang itu.

Banyak sekali yang mengatakan kalau tsunami dan gelombang pasang itu sama. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya tsunami dan gelombang pasang itu berbeda loh. Apa yang membedakan keduanya? ternyata yang membedakan tsunami dan gelombang pasang adalah sumber terjadinya.


Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang

Tsunami adalah adalah gelombang yang memiliki energi yang sangat besar yang ditimbulkan oleh gempa bumi dengan skala besar. Baik itu gempa tektonik (gempa yang terjadi karena pergerakan lempeng) atau gempa vulkanik (gempa yang terjadi karena aktivitas gunung berapi)

Gelombang pasang adalah gelombang air laut yang melebihi batas normal dan dapat menimbulkan bahaya baik di lautan, maupun di darat terutama daerah pinggir pantai. Umumnya gelombang pasang terjadi karena adanya angin kencang/topan, perubahan cuaca yang sangat cepat, dan karena ada pengaruh dari gravitasi bulan maupun matahari.

Nah, itu tadi jika kita melihat dari sumber terjadinya. Kalau tsunami disebabkan oleh gempa bumi sedangkan gelombang pasang disebabkan oleh gaya gravitasi atau angin. Jika kita tinjau dari karakteristiknya tsunami dan gelombang pasang mempunyai perbedaan sebagai berikut.

Karakteristik Tsunami :
  1. Amplitudo gelombangnya antara beberapa puluh centimeter sampai dengan 1 meter.
  2. Periode gelombangnya antara 10 menit sampai dengan 20 menit.
  3. Panjang gelombangnya antara 100 kilometer sampai dengan 200 kilometer.
Karakteristik Gelombang Pasang :
  1. Amplitudo gelombangnya kurang lebih 10 meter.
  2. Periode gelombangnya antara 6 – 12detik (60 kali lebih rendah dari tsunami).
  3. Panjang gelombangnya 10 meter sampai dengan 200 meter (1000 kali lebih rendah dari tsunami).
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang membedakan tsunami dan gelombang pasang atau air pasang. Jangan lupa, ajarin juga teman-teman kamu yang belum tahu. Semoga ilmu yang sedikit ini bermanfaat bagi kalian semua.

Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabilah Azalia