Cara Menghilangkan / Mencabut Duri Ikan Bandeng

Cara Mencabut Duri Ikan Bandeng - Saya yakin pasti anda males makan ikan bandeng karena banyak sekali duri didalamnya. Padahal ikan bandeng kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak kita. Ternyata kandungan Omega 3 ikan bandeng lebih banyak dari pada kandungan omega 3 pada ikan salmon.

Cara Menghilangkan / Mencabut Duri Ikan Bandeng
Ikan Bandeng Tanpa Duri
Nah, ikan bandeng ternyata bagus banget kan buat kita. Biar kita jadi nggak males makan ikan bandeng lagi. Kali ini akan kami berikan Tips Cara Menghilangkan atau Mencabut Duri Ikan Bandeng dengan mudah dan cepat. Cara menghilangkan duri bandeng ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini caranya.

Cara Menghilangkan atau Mencabut Duri Ikan Bandeng

Alat dan Bahan
  1. Lap / serbet dua buah
  2. Penset pencabut bulu… kethek.. ih… hiiii
  3. Pisau yg tajam
Teknik mencabut duri bandeng
  • Hilangkan dulu sisik bandeng, karena kalau duri udah ilang, malah susah membersihkan sisiknya. Kecuali jika memang bangsa kucing, silahkan digoreng ama sisik.
  • Buat tirisan di punggung bandeng, tp jangan sampai ke dalam nanti malah ada beberapa duri yg terpotong. Cukup disayat punggung dengan arah Sayatan dari Ekor ke kepala.
  • Sayat dikit di ekornya agak ke dalam, mengikuti arah duri. Yang penting duri di ekor udah kelihatan dan bisa dijadikan pegangan.
  • Sekarang Pegang Ekor dan kepalanya. Tarik perlahan-lahan ke arah ekor. Ini Penting… KE ARAH EKOR dengan tarikan kuat dan perlahan-lahan. Kalau kurang kuat, kepala bisa agak ditekuk sehingga berbunyi “KREKKK”.
  • Setelah berbunyi, duri akan dengan sendirinya tercabut “hampir” seluruhnya.
  • Sayatan punggung tadi bisa diteruskan lebih ke dalam hingga bandeng terbelah.
  • Bersihkan kotoran bandeng
  • Gunakan penset untuk menghabisi duri-duri halus yg masih tersisa. Sebenarnya sih kalau digoreng duri-duri tersebut udah akan hancur sendiri, tp emang lebih memanjakan mulut kalau betul-betul bersih. Ada sekitar 16 pasang duri halus yg tersisa.
atau kalau belum jelas, silahkan lihat Video Cara Mencabut Duri Ikan Bandeng berikut ini :



Owh ya, biasanya sering sekali kita salah teknik mengolah ikan bandeng sehingga bandeng menjadi pahit atau bahkan duri semakin menyebar. Berikutr ini kesalahan dalam pengolahan ikan bandeng.

Kesalahan-Kesalahan Pengolahan Bandeng
  • Menyayat dari perut untuk menghilangkan kotoran.  Teknik ini akan sering menyebabkan pecahnya empedu di perut ikan, sehingga daging yg tercemar empedu jadi pahit.
  • Memukul-mukul bandeng terlebih dahulu agar duri lunak. Jika teknik ini dipakai, duri bandeng tidak bisa ditarik lagi. Lagipula makin banyak duri yg patah, makin menyusahkan untuk menghilangkan duri bandengnya.
Oke, semoga dengan tips Cara Menghilangkan / Mencabut Duri Ikan Bandeng diatas, kita menjadi rajin dan suka memakan ikan bandeng. Selamat sekarang anda sudah bisa mengolah ikan bandeng tanpa duri.

Cara Menghilangkan / Mencabut Duri Ikan Bandeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabilah Azalia