Cara Membuat Pendingin Modem Sederhana

Cara Membuat Pendingin Modem - Modem kamu panas dan tiba-tiba DC/mati sendiri? Berarti modem kamu perlu dikasih tambahan pendingin tuh. Sebenarnya banyak sekali yang jual pendingin untuk modem diluar sana dan tentunya harganya lumayan mahal. Namun, buat kamu yang nggak mau beli, bisa kok buat Pendingin Modem sendiri.

Kali ini kami akan memberikan Tutorial Cara Membuat Pendingin Modem Sederhana dengan modal yang sedikit dan tentunya bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Silahkan disimak tutorial buat pendingin modem berikut ini.

Membuat Pendingin Modem

Bahan membuat pendingin modem :

Cara Membuat Pendingin Modem Sederhana
Bahan Pendingin Modem
1. Gunting
2. Selotip
3. Kabel USB extensio (Harga Rp.5.000)
4. Kipas HSF untuk VGA (Harga Rp.15.000)
5. Alumunium bekas
6. Modem (Untuk contoh di tutorial membuat pendingin modem kali ini, kami menggunakan modem smartfren)

Cara Membuat Pendingin Modem

  1. Potong ujung kabel 'female' USB extension-nya, nanti di dalamnya ada 4 warna kabel. Kabel USB ada dua tipe:black-green-white-red (tipe1) dan yellow-red-green-white (tipe2). Sedangkan untuk jalur listriknya: black & red (tipe1), yellow & white (tipe2). Karena pada pembuatan kali ini saya memakai USB tipe 1, jadi saya memotong semua kabel warna lainnya kecuali warna black & red.
    Membuat Pendingin Modem
    Gunting Ujung Kabel USB
  2. Potong ujung Kipas HSF, kemudian sambungkan dengan kabel USB tadi. Sambungkan warna red dengan red dan warna black dengan black.
    Membuat Pendingin Modem
    Sambungkan Kabel USB dengan Kipas Pendingin

  3. empel modem ke kipas HSF kemudian pasang alumunium ke body modem, kemudian sesuaikan aluminium tersebut dengan body modem.
  4. Lubangi aluminium, sesuaikan dengan tempat sekrup pada kipas HSF.
    Membuat Pendingin Modem
    Pasang Alumunium lalu tempelkan dengan modem dan kipas

  5. Selamat sekarang modem kamu sudah tidak akan kepanasan lagi, karena kamu sudah mempunyai Pendingin Modem sendiri, berikut ini hasil jadi pendingin modem buatan kamu.
    Membuat Pendingin Modem
    Hasil jadi Pendingin Modem
Eh, ya kalau kamu nggak mau repot buat sih kami punya satu lagi cara membuat pendingin modem yang mudah, nanti hasilnya seperti ini.

Cara Membuat Pendingin Modem Sederhana
Pendingin Modem dengan Air
Namun, kalau sobat menggunakan kantong air seperti diatas. Sobat harus pastikan kantongnya terikat dengan benar dan tidak mudah bocor, agar modem sobat tidak terkena air. Oke, semoga tutorial membuat pendingin modem sederhana diatas berguna bagi kalian semua. Terimakasih

Cara Membuat Pendingin Modem Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabilah Azalia